Mengenal Konsep Faktor Perkalian
Dari Sebuah Bilangan DenganTable Faktor Untuk Siswa Klasikal SLB Autisma YPPA
Kota Solok
Ditulis: Oktima Mulya S.Pd
Matematika
adalah salah satu mata pelajaran yang cukup sulit bagi anak berkebutuhan khusus atau ABK. Proses pembelajaran matematika
dilakukan sesuai program yang diberikan. Pendekatan yang digunakan juga harus
komprehensif. Untuk melatih anak dalam matematika di kelas
klasikal, biasanya untuk mengenal faktor dari sebuah bilangan anak-anak harus
paham apa itu perkalian. Di sini anak dianjurkan untuk sudah hafal perkalian 1
sampai 10. Mengajarkan perkalian untuk anak berkebutuhan khusus tidak lah mudah
butuh kesabaran yang ekstra dan trik untuk anak paham konsep perkalian. Setelah
anak paham barulah anak diajarkan :
1. Faktor
bilangan adalah semua bilangan yang dapat dibagi habis dengan bilangan tersebut.
2. Faktor persekutuan adalah faktor-faktor
dari 2 bilangan yang bernilai sama
Cara mencari faktor adalah dengan cara dibagi ( : ) . Pembagian itu adalah kebalikan dari perkalian. Ketika anak sudah hafal perkalian maka anak akan sangat mudah untuk mencari faktor dari suatu bilangan.
Contohnya
:
Carilah faktor dari 6 !
Caranya : dibagi dari bilangan yang terkecil yaitu 1
sampai bilangan itu sendiri.
6 : 1 = 6
6 : 2 = 3
Tabel
Faktor
|
6 |
6 |
3 |
|
1 |
2 |
Keterangan :
6 : 1 = 6
6 : 2 = 3
6 : 3 = 2
6 : 6 = 1
Jadi faktor bilangan 6 adalah 1, 2 ,3, 6
(kenapa di dalam tabel faktor angka 4 dan 5 tidak
masuk , karena enam kalau dibagi dengan 4 masih bersisa begitu juga sebaliknya
6 dibagi dengan 5 juga bersisa , maka 4 dan 5 tidak termasuk faktor).
Soal.
1. Carilah
faktor persekutuan dari6 dan 8
Tabel
faktor
|
6 |
6 |
3 |
|
1 |
2 |
Faktor
bilangan dari 6 adalah 1, 2 ,3 ,6
Tabel
faktor
|
8 |
8 |
4 |
|
1 |
2 |
Faktor bilangan dari 6 adalah 1, 2 ,4 ,8
6 =
{ 1, 2
,3 ,6 }
8 =
{ 1, 2 ,4
,8 }
Jadi faktor persekutuan dari 6 dan
8 adalah 1 dan 2.
Dokumentasi Anak Belajar Tabel Faktor
1. Membuat tabel faktor
2. Membuat
keterangan pembagian dari table faktor
3. Membuat
faktor persekutuan antara 2 bilangan yang sama.
Dengan ini diambil kesimpulan bahwa membuat tabel faktor tidaklah mudah jadi butuh kesabaran yang ekstra bagi guru dan orang tua untuk membuat anak menghafal perkalian 1-10, dan awalnya anak harus paham konsep perkalian terlebih dahulu . Dengan pelajaran yang sering diulang di rumah oleh orang tua, maka untuk membuat faktor bilangan dan persekutuan akan terasa lebih mudah untuk anak kita.
Semoga bermanfaat.