Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Solok

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

SEJARAH YPPA SOLOK

          Seiring dengan berkembangnya pola pendidikan dan intervensi bagi penyandang autisma, serta fenomena dilapangan menunjukkan bahwa penyandang autisma banyak yang belum tertangani secara optimal pada waktu itu di kota Solok. Maka tahun 2004 yayasan pengembangan potensi anak sumbar (YPPA Sumbar) melalui koordinasi dengan kepala sekolah Autisma yppa bukittinggi maka pihak  yayasan tergerak membuka cabang sekolah autisma yppa Sumbar dikerenakan adanya beberapa orang anak berkebutuhan khusus yaitu anak autisma yang bolak balik belajar ke sekolah autisma yppa bukittinggi. Dari Hasil survay yang dilakukan oleh pihak yayasan yang waktu itu di wakili oleh buk Rahmatrisilvia dan  kepala sekolah beserta staf Autisma YPPA Bukittinggi ternyata ada beberapa orang anak yang belum mendapatkan layanan di daerah Kota Solok.

          Maka pada hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2004 pihak yayasan yang diwakili oleh kepala sekolah bukittinggi dan semua staf pengajar YPPA Bukittinggi dan dua oang tenaga guru  dari yppa sumbar  pergi ke Kota Solok persiapan untuk membersihkan rumah kontrakkan yang telah disediakan oleh yayasan yang dijadikan sebagai tempat belajar. Sebelum kedatangan dua tenaga pengajar dari YPPA Padang kepala sekolah beserta staf Autisma yppa bukittinggi mewakili pihak yayasan sudah beberapa kali untuk survay kelapangan  baik survay tentang data anak berkebutuhan khusus yang penyandang autisme maupun sekalian tentang kontarakan yang dijadikan tempat belajar.

          Pada hari Senin tanggal 23 Agustus 2004 maka sekolah khusus autisma yppa solok mulai operasional di kota solok dangan jumlah murid 8 orang dengan guru tiga orang, dua orang guru  utusan dari yppa Padang dan satu orang guru dari yppa bukittinggi merangkap tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Sekolah khusus Autisma yppa Solok tiap bulan murid yang masuk ke yppa terus bertambah sehingga dibandingkan dengan jumlah guru yang ada tiga orang tidak bisa memberikan pelayanan maka pada september 2004 koordinasi dengan pihak yayasan minta tambahan tenaga pengajar maka guru padang di kirim satu orang sebelum pihak  yayasan meregrut guru baru maka  jumlah tenaga pengajar 2004 sebanyak  4 orang dengan jumlah murid sebanyak 14 orang.

          Dilihat dilapangan setiap bulan jumlah anak yang masuk ke sekolah Autisma YPPA Solok terus bertambah dan rumah kontrakkan yang dijadikan tempat proses pembelajaran terus naik tiap tahun, maka sekolah autisma yppa Solok berinisiatif untuk koordinasi dengan pihak yayasan untuk berusaha mendapatkan tempat PBM yang permanen sehingga akhirnya dapatlah membeli sebuah rumah dengan berupa cicilan setiap bulannya yang beralamat di jalan Lettu Amran Kel. VI Suku Kec. Lubuk Sikarah Kota solok.

          Sekolah autisma yppa solok menerapkan pelayanan individual dan penanganan yang beroriantasi untuk mempersiapkan anak kesekolah reguler/umum dengan membentuk kelompok kecil setera taman kanak-kanak bagi anak yang akan dipersiapakan ke taman kanak-kanak, kelompok dasar bagi anak yang akan dipersiapkan ke sekolah SD/ inklusi dan anak yang telah sekolah di sekolah inklusi namun masih membutuhkan pelayanan khusus, adapun kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum pendidikan untuk taman kanak-kanak dan sebaliknya, anak yang belum mampu mengikuti pendidikan di sekolah inklusi dan memiliki kemampuan akademik yang rendah dilayani secara khusus dengan menerapkan kurikulum sekolah luar biasa.

          Penerapan sistem individual yang diberikan kepada anak dengan menggunakan metode khusus bagi anak autisme yang bertujuan memberikan pelayanan lebih insentif dan terpokus kepada anak, dimana secara teori dikemukankan bahwa penyandang autisma dapat sembuh dalam artian dapat hidup mandiri dimasyarakat apabila diberikan perlakuan sedini mungkin dan diberikan layanan secara individual dan terfokus untuk membuka diri anak dari prilaku autistiknya. Pola pelayanan terpadu berupa terapi prilaku, terapi sensoris, terapi bermain, terapi okupasional, terapi relaksasi dan terapi penunjang untuk melatih hubungan relasi sosial dengan orang lain serta layanan akademik sangat membutuhkan berbagai alat penunjang pendidikan dimana aspek-aspek yang diajarkan kepada anak berupa penanaman konsep seluruh aspek kehidupan mulai dari yang sederhana seperti anak mengenal diri sendiri sampai kepada aspek yang menyangkut tatanan kehidupan.

          Untuk memberikan layanan yang optimal jelas sangat dibutuhkan alat-alat peraga penunjang, baik untuk penunjang layanan individual maupun klasikal sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan bakat dan potensi anak, ini terbukti pada saat ini sekolah autisma yppa solok sampai saat ini sudah lebih kurang 200 orang siswa yang sudah diberikan penanganan khusus semenjak mulai berdiri sudah beberapa orang murid yang sudah di inklusikan kesekolah reguler/umum dan sampai saat ini sudah ada alumni dari sekolah autisma yppa solok yang telah melanjutkan ke perguruan tinggi.

DAPODIKMEN
YPPA SUMBAR
Gedung Sekolah
Kontak
Alamat :

Jalan Lettu Amran

Telepon :

081363480481

Email :

indrawati_yppa@yahoo.com

Website :

https://www.slbautisma-yppasolok.sch.id/

Media Sosial :
STRUKTUR TIM PENGEMBANGAN
POLA LAYANAN
Kalender

Oktober 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31