Visi, Misi, dan Tujuan
A. Visi Sekolah
Sekolah SLB sebagai
lembaga pendidikan formal mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung Visi
dan Misi pendidikan nasional serta pendidikan di daerah masing masing. Oleh
karena itu SLB Autisma YPPA Solok
perlu merumuskan Visi dan Misi sekolah, dengan adanya Visi dan Misi sekolah SLB Autisma YPPA Solok memiliki arah pijakan dan
pedoman untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan.
Visi dari sekolah SLB
Autisma YPPA Solok adalah :
?óÔé¼?ôMewujudkan peserta
didik yang Bertaqwa, mandiri, dan berwawasan inclusif?óÔé¼?Ø.
1. Bertakwa
Bertakwa kepada tuhan yang
maha Esa, menjauhi semua larangan dan menjalankan perintahNYA. Peserta didik
berkebutuhan khusus di SLB Autisma YPPA
Solok diharapkan mampu menjalankan nilai-nilai dan norma agama yang
dianut, sehingga memiliki siswa yang memeliki sikap dan karakter yang
religious. Seperti yang diamanahkan pada Pancasila Sila kesatu.
2. Mandiri
Mandiri
adalah dalam keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain
dalam menyelesaikan tugas-tugas, memiliki semangat dan motivasi serta tidak pantang menyerah sebagai wujud
pertahanan diri. Di SLB Autisma YPPA Solok program kemnadirian ini diharapkan
membawa peserta didik mampu mandiri, mulai dari hal yang sederhana mandiri dalam mengurus diri sendiri nsampai mandiri
secara ekonomi. Sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan kemampuan individu
peserta didik berkebutuhan khusus.
3. Wawasan
Inclusif
SLB Autisma YPPA Solok Mampu menyiapkan anak untuk mainstreaming ke sekolah regular melalui proses identifikasi dan asssmen serta pemberian perlakuan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Perumusan Visi ini berdasarkan masukan dari berbagai warga sekolah dan pihak- pihak yang berkepentingan, selaras dengan visi institusi dan visi pendidikan nasional. Diputuskan dalam rapat majelis guru yang dipimpin oleh Kepala Sekolah dengan memperhatikan masukan dari yayasan sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. Dan kemudian disosialisasikan kepada semua warga sekolah termasuk wali murid.
Untuk dapat mencapai Visi SLB Autisma YPPA Solok dalam jangka waktu lima tahun kedepan, maka disusunlah misi untuk mewujudkan visi tersebut. Maka Misi yang akan dilaksanakan antara lain:
1. Mengintensifkan pendidikan agama/akhlak mulia dan berkarakter melalui pendekatan persuasi, rehabilitasi dan praktik ibadah.
2. Mengoptimalkan pelayanan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus sesuai dengan potensi, minat dan bakat individu
3. Mengintensifikan pelatihan kecakapan hidup melalui pembinaan fisik, mental dan hubungan sosial antar pribadi penguasan keterampilan tertentu sesuai dengan potensi, minat dan bakat siswa.
4. Pembinaan kemahiran keterampilan,inovasi pendidikan sesuai dengan potensi, minat dan bakat Anak berkebutuhan Khusus dengan alternatif pilihan karir serta kerjasama dengan Dunia usaha dan Dunia Industri.
5. Mengembangkan masyarakat sekolah yang ramah keluarga dan anak, mencintai dan berbudaya lingkungan
6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik untuk meninstreming kesekolah reguler melalu pendidikan individual dan klasikal.
C. Tujuan Sekolah
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradabanbangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepad Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan dan potensi yang ada di sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan.
Perkembangan dan tantangan itu misalnya
menyangkut :
1. Menumbuhkan keyakinan beragama yang kuat
sehingga dapat menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangannya.
2. Melakukan pembiasaan yang mencerminkan
nilai luhur karakter dan budaya bangsa, seperti jujur, disiplin, sopan, dan
santun.
3. Menyiapkan
KBM yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus.
4. Menyiapkan
sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai dengan standar pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus.
5. Menyiapkan
SDM dan kualitas Pembinaan peserta didik agar menjadi produktif, mandiri, dan
mampu berperan serta dalam kehidupan masyarakat.
6. Menyiapkan
peserta didik agar mampu beradaptasi dilingkungan sekolah regular.