Kegiatan Rutin Gotong Royong Siswa di SLB Autisma YPPA Kota Solok
Kegiatan Rutin Gotong Royong Siswa di SLB Autisma YPPA Kota Solok
Ditulis oleh : Rini Mulyanti, S.Pd
Gotong
Royong merupakan salah satu cerminan kebersamaan yang tumbuh di dalam suatu
lingkungan masyarakat untuk mencapai suatu hal, salah satunya di SLB Autisma
YPPA Solok. Untuk mencapai hasil yang positif bagi siswa, maka dari itu SLB
Autisma YPPA Solok melakukan kegiatan gotong royong demi membina hubungan
sosial antar teman sebaya ,sehingga mencapai hasil yang positif tanpa
memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi salah satu individu atau kelompok
saja. Kegiatan gotong royong di SLB Autisma YPPA Solok dilakukan sekali 2
minggu.
Tujuan
kegiatan gotong royong yang diadakan di SLB Autisma YPPA Solok adalah untuk
meningkatkan kekompakan sesama siswa, menjalin ikatan persaudaraan, menumbuhkan
sikap saling tolong menolong sesama teman yang nantinya dapat berkembang di
kehidupan sehari-hari. Adapun dalam kegiatan gotong royong di SLB Autisma YPPA
Solok, pihak-pihak yang terlibat adalah anak-anak yang sudah cukup mandiri
(anak klasikal), serta majelis guru.
Di
SLB Autisma YPPA Solok, kegiatan gotong royong dilakukan dua minggu sekali
tepatnya di hari kamis. Kegiatang gotong royong yang dilakukan diantaranya:
1. Membersihkan
kamar mandi
Tujuan dari
membersihkan kamar mandi disini agar tetap bersih dan mencegah potensi terkena
penyakit
2. Membersihkan
kaca pada jendela
Dalam hal ini bertujuan
untuk merawat kaca dari jamur dan kerak yang menempel
3. Membersihkan
halaman
Tujuan dari hal ini agar sekolah
tetap bersih serta menjadikan lingkungan yang sehat
Setiap
kegiatan gotong royong di SLB Autisma YPPA Solok, siswa didampingi oleh
beberapa guru supaya yang dikerjakan oleh anak-anak nantinya dapat bertanggung
jawab dengan baik apa yang telah dilakukanya bagi tiap=tiap pekerjaannya
masing-masing.
Kegiatan
gotong royong di SLB Autisma YPPA Solok sangat bermanfaat bagi siswa kita salah
satunya bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) diantaranya:
a. Menumbuhkan
sikap kebersamaan
Sikap
ini bisa membuat siswa-siswi kita melatih sikap sukarela dan tolong menolong
b. Membina
hubungan sosial
Kebiasaan
ini akan membuat anak berkebutuhan khusus menjalin komunikasi dengan baik
sesama temannya saat gotong royong berlangsung
c. Meringankan
beban
Dengan
mengerjakan gotong royong bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.